Cara Ampuh Menghilangkan Gatal Karena Bintik Berair

Gatal Karena Bintik Berair – Jari tangan gatal dan bintik-bintik berair umumnya disebabkan oleh eksim. Orang dewasa berusia di bawah 40 tahun merupakan kelompok yang paling berisiko mengalaminya.Awalnya, masalah kulit ini ditandai dengan rasa gatal dan sensasi terbakar pada kulit tangan dan jari. Namun, gejalanya bisa meningkat menjadi lepuhan yang mudah pecah.

Walaupun biasanya tidak berbahaya, kondisi ini sebaiknya jangan diabakan. Sebab, telapak tangan gatal muncul bintik berair bisa saja mengindikasikan masalah medis yang serius.

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit gatal berair. lidah buaya mengandung beberapa agen antiseptik yang terbukti memiliki sifat antibakteri dan antivirus.Penggunaan lidah buaya untuk mengobati kulit gatal berair dan menyebar sangat mudah. Cukup oleskan gel lidah buaya pada kulit yang bermasalah sebanyak tiga kali sehari.Selain membunuh bakteri penyebab infeksi kulit, gel lidah buaya juga memiliki sifat mendinginkan, sehingga dapat menenangkan kulit yang gatal dan membengkak.

Baca Juga : Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Blackhead Atau Komedo Hitam

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki senyawa antioksidan yang bisa meredakan peradangan pada kulit. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya mampu melawan radikal bebas sehingga melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.
Asam laurat dalam minyak kelapa juga dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Minyak kelapa pun efektif digunakan sebagai pelembap kulit.

Kunyit

Dalam sebuah penelitian pada 150 orang dengan eksim, peneliti menggunakan krim yang mengandung kunyit selama 4 minggu untuk mengatasi gatal-gatal. Bagaimana hasilnya? Hampir 30-32 persen terjadi penurunan kulit bersisik dan gatal pada masing-masing subjek penelitian.Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan bakterisida. Senyawa ini yang membantu untuk mengobati peradangan dan gatal pada kulit.

Perbanyak Air Putih

Gatal pada kulit juga bisa terjadi karena kurang cairan dalam tubuh alias dehidrasi. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah meningkatkan konsumsi air putih. Ringkasnya, banyak minum air putih bisa membantu mengatasi gatal pada kulit.

Centella Asiatica

Centella asiatica atau pegagan adalah daun untuk obat kulit gatal berair dan menyebar. Bahan alami ini memiliki kandungan antialergi, antipruritus, dan antiradang.
Hal itu pula yang membuat daun pegagan untuk obat gatal kulit ini banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk efektivitas obat alami ini.