Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Blackhead Atau Komedo Hitam

Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Blackhead Atau Komedo Hitam – Blackhead atau komedo hitam ialah benjolan kecil warna gelap di kulit karena mampetnya pori-pori. Blackhead biasanya ada di wajah, tapi bisa diketemukan pada bagian badan yang lain, seperti punggung, dada, leher, pundak, dan tangan.

Blackhead biasanya tidak mengakibatkan nyeri seperti jerawat dan gampang sekali kelihatan di atas kulit karena berwarna yang gelap. Oleh karenanya, bila tumbuh pada wajah, blackhead kemungkinan bisa mengusik performa.

Penyebab Blackhead

Blackhead tercipta karena ada penimbunan atau penyumbatan beberapa sel kulit mati dan minyak di folikel rambut pada permukaan kulit. Penimbunan ini selanjutnya mencolok ke luar pori-pori dan membuat blackhead sesudah teroksidasi oleh udara.

Ada faktor-faktor yang bisa tingkatkan peluang timbulnya blackhead di kulit, yakni:

  • Iritasi pada folikel rambut
  • Produksi minyak yang berlebihan
  • Penumpukan bakteri Propionibacterium acnes di kulit
  • Perubahan hormon, misalkan saat menstruasi atau karena konsumsi pil KB atau beberapa obat tertentu

Disamping itu, konsumsi minuman dan makanan tertentu dipercayai memacu terciptanya blackhead, misalkan produk buatan susu dan makanan yang banyak terkandung gula. Walau begitu, ini masih membutuhkan riset selanjutnya.

Baca Juga : Beberapa Penyebab Breakout pada Wajah dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Blackhead

Saat sebelum mengatasi blackhead, hal pertama kali yang harus Anda ingat ialah tidak boleh sesekali menekan atau mengeluarkannya secara paksakan.

Bukannya mengobati, menekan blackhead malah bisa menambahkan infeksi serta jadi parah keadaan kulit. Masalahnya ada banyak bakteri dan kotoran pada tangan yang bisa beralih saat Anda menekan atau keluarkan blackhead secara paksakan.

Berikut ialah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi blackhead:

1. Memakai produk yang memiliki kandungan asam salisilat

Saat beli produk perawatan kulit, dianjurkan untuk pilih produk yang memiliki kandungan asam salisilat (salicylic acid). Kandungan ini mempunyai kekuatan untuk bersihkan sel-sel kulit mati dan minyak berlebihan, hingga blackhead jadi lebih gampang lenyap.

2. Memakai cream atau losion retinoid

Cream atau losion yang memiliki kandungan retinoid dibuat dari vitamin A yang sanggup buka pori-pori sekalian menolong pergantian kulit. Berikut yang membuat cream atau losion retinoid menjadi satu diantara opsi untuk mengatasi blackhead, tanpa atau dengan resep dokter.

Retinoid bisa membuat kulit Anda jadi lebih peka pada cahaya UV. Untuk menghindariinya, Anda dianjurkan untuk memakai cream tahu losion retinoid sebentar saat sebelum tidur saat malam hari, atau sesuai saran dokter.

3. Melakukan chemical peeling

Ini ialah sistem perawatan kulit dengan memakai bahan kimia, seperti asam salisilat, asam glikolat, atau asam retinoat.

Saat lakukan perawatan ini, susunan kulit paling atas akan terkupas. Hasilnya ialah blackhead bisa terselesaikan, kulit jadi lebih lembut, dan beberapa sel kulit mati yang bisa mengakibatkan bladkhead terangkut.

4. Jalani therapy laser

Therapy laser ialah sistem perawatan kulit yang sudah dilakukan dengan cara tembakkan laser ke kulit untuk kurangi produksi minyak berlebihan atau mematikan bakteri di kulit.

Satu diantara keunggulan therapy laser untuk mengatasi blackhead ialah sanggup capai susunan bawah kulit tanpa menghancurkan susunan kulit sisi atas.

Mencegah  Blackhead

Mempunyai blackhead, khususnya di kulit wajah, pasti tidak membahagiakan. Sebagai cara mencegah, Anda bisa coba panduan berikut ini:

  • Bersihkan muka 2x satu hari, yakni saat bangun tidur dan saat sebelum tidur.
  • Membersihkan wajah memakai ujung jemari secara halus, tak perlu memakai spons atau sikat yang bisa mengiritas kulit.
  • Jauhi pancaran cahaya matahari langsung.
  • Jauhi sentuh wajah jika tidak dibutuhkan.
  • Pakai produk perawatan kulit yang bebas alkohol.
  • Pakai pencuci wajah dengan scrub yang halus. Stop penggunaan bila scrub membuat iritasi kulit.
  • Pakai produk skin care atau kosmetik yang tidak memunculkan komedo (noncomedogenic).

Jalani gaya hidup yang sehat dapat mempertahankan kesehatan kulit secara detail. Maka dari itu, sedapat mungkin lakukan selalu untuk konsumsi makanan dengan nutrisi imbang, minum air putih yang banyak, rajin olahraga, dan tidur yang memadai.

Jika blackhead tak segera lebih baik walau Anda sudah coba beberapa cara di atas, tidak boleh sangsi untuk konsultasi sama dokter. Dengan demikian, dokter bisa merekomendasikan pengatasan yang sesuai keadaan kulit Anda.