Cara Merawat Kulit Sensitif – Hal inilah yang menyebabkan kantong gampang kering kalau sampai masalah kulit muka tidak segera ditangani.Padahal dengan cara merawat kulit wajah sensitif yang tepat, harusnya sebagian besar komplikasi kulit ini bisa kamu cegah.

Pilih Produk Yang Ramah Untuk Kulit

Pemilik kulit sensitif perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Gunakanlah produk khusus untuk kulit sensitif yang umumnya mengandung lebih sedikit bahan kimia, lembut di kulit, dan tanpa wewangian. Biasanya produk ini berlabel “hypoallergenicā€¯.

Menjauhi Bahan Iriatif

Karena mudah mengalami reaksi, pemilik kulit sensitif perlu menghindari pemakaian produk yang mengandung bahan iritatif, seperti antibakteri, deterjen, benzoil peroksida, sulfur (belerang), glycolic acid, alkohol, dan retinoid.

Sering Memakai Pelembap

Kulit sensitif rentan menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk mencegah kulit kering, oleskan pelembap setelah mandi secara rutin. Umumnya, pelembap yang mengandung petrolatum, minyak mineral, asam linoleat, ceramide, dimethicone, atau gliserin aman untuk kulit sensitif.

Jalani Pola Hidup Sehat

Selain kelima cara di atas, pemilik kulit sensitif dan kering juga perlu menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan kulit wajahnya. Cara tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta cukup minum air putih.

Baca Juga : Ketahui Cara Ampuh Menangani Jerawat Punggung

Pakai Sunscreen

Setelah memilih produk perawatan yang tepat, cara merawat kulit sensitif selanjutnya adalah menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas. Tak jarang sunscreen dilupakan, padahal pemakaian sunscreen ini penting untuk melindungi kulit wajah dari sunburn, munculnya sunspots, hingga iritasi yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Tapi pemakaian sunscreen juga penting, walaupun sekarang kita lagi di masa pandemi dan membuat kita harus di rumah saja.

Selain itu, hindari juga paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama. Karena bisa menyebabkan kulit wajah semakin sensitif dan mengalami iritasi yang semakin parah. Apabila aktivitasmu mengharuskanmu di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, reapply sunscreen selama 2jam sekali, serta akali dengan topi lebar dan kacamata hitam.

Rutin Double Cleansing

Nah, sebelum dan setelah beraktivitas penting banget nih untuk menjaga kebersihan wajah agar tetap bersih dan sehat. Bersihkan kulit wajahmu 2x sehari, pada pagi hari dan menjelang tidur malam. Untuk mendapatkan kondisi wajah yang bersih dan sehat dengan maksimal, lakukan dengan metode double cleansing. Awali dengan membersihkan kotoran dan makeup dengan facial cleanser. Lalu, lanjutkan mencuci muka dengan facial foam untuk memastikan kotoran wajahmu terangkat dengan maksimal.