Informasi Seputar Skincare

Cara Merawat Kulit Perut Kendur Setelah Melahirkan

Kulit Kendur Setelah Melahirkan – Setelah melahirkan, kulit pada area perut jadi mengendur dan menimbulkan persoalan baru buat para ibu. Namun, Anda tak perlu khawatir, ada beberapa cara alami untuk mengencangkan kembali kulit yang kendur akibat persalinan.Faktanya, kehamilan akan membawa banyak perubahan pada kulit, terutama area perut. Sebagian ibu merasa stres dengan perubahan ini. Namun, perlu diingat, merawat dan mengembalikan tampilan fisik jelas membutuhkan waktu.

Selain produk-produk di pasaran yang menjanjikan hasil optimal, ada cara-cara alami dan minim biaya yang bisa Anda pilih. Beberapa cara berikut bisa membantu ibu memperoleh kembali perut lebih kencang usai melahirkan. Berikut adalah informasi selengkapnya dari dokterwahyuskincare .

Rutin Berolahraga

Melakukan latihan kardio yang ringan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengencangkan kulit kendur setelah melahirkan. Beberapa gerakan yang bisa dicoba adalah berjalan kaki, berenang, lari, dan bersepeda. Jangan lupa untuk melakukannya secara bertahap, ya.Untuk hasil yang maksimal, Bunda bisa melakukan olahraga tadi sebanyak tiga kali seminggu. Namun, jika Bunda memiliki gangguan kesehatan tertentu atau melahirkan dengan operasi caesar, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mulai berolahraga.

Oleskan Pelembap

Rutin mengoleskan pelembap bisa membuat kulit Bunda lebih sehat. Bunda bisa memilih pelembab yang mengandung vitamin C, karena vitamin ini diketahui bisa membantu produksi kolagen dan elastin yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit.Akan tetapi, jika Bunda memiliki masalah kesehatan kulit atau alergi terhadap bahan-bahan tertentu, sebaiknya coba terlebih dahulu pelembap pada area kulit yang tidak terlalu luas, seperti punggung tangan. Kemudian, perhatikan reaksinya. Bila muncul gejala alergi, hentikan penggunaan produk tersebut.Jika memungkinkan, Bunda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk perawatan kulit.

Jaga Pola Makan

Selain mempercepat proses pemulihan, mengatur pola makan yang baik setelah melahirkan juga bisa sebagai cara mengencangkan perut kendur setelah melahirkan, lho!Supaya perut bisa kembali kencang, coba tambahkan berbagai sumber protein di dalam menu makanan Anda.Makanan sumber protein seperti telur, daging, dan kacang-kacangan sangat baik untuk perkembangan otot-otot tubuh.Protein juga mengandung kolagen yang dapat membantu mengencangkan perut yang mengendur, seperti di lengan, paha, perut, wajah, dan bagian tubuh lainnya.Menurut Angka Kecukupan Gizi milik Kemenkes RI, jumlah kebutuhan protein wanita usia 19-49 tahun sekitar 56-57 gram.Nah, karena saat ini Anda sedang menyusui, maka Anda wajib menambahkan 20 gram protein ke dalam makanan setiap hari.

Konsumsi Probiotik

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa probiotik bisa membantu metabolisme tubuh terutama pada ibu yang baru saja melahirkan. Perut kendur setelah melahirkan bisa diatasi dengan mencukupi asupan probiotik. Bakteri baik yang terdapat pada probiotik akan menjaga kesehatan usus dan melancarkan pencernaan.

Nutrisi Kulit

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memberikan asupan nutrisi kulit terpenuhi. Perut kendur setelah melahirkan bisa diatasi dengan memberikan nutrisi kulit yang cukup agar bagian perut yang kendur kembali kenyal dan kencang. Biasanya nutrisi kulit ini bisa didapatkan dari makanan atau pun krim kulit. Beberapa makanan yang menjadi sumber nutrisi kulit adalah kacang-kacangan, daging, dan telur yang mengandung kolagen yang berfungsi dalam mengencangkan kulit kendur terutama di bagian paha perut, wajah, dan bokong.

Minum Lebih Banyak Air Secara Teratur

Salah satu pengobatan sederhana dan penting untuk mengatasi kulit kendur adalah dengan memperbanyak asupan air. Pastikan Anda minum banyak air sebelum dan sesudah melahirkan, karena air meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah kulit kendur. Air juga meningkatkan laju metabolisme dan memungkinkan Anda membakar lebih banyak lemak. Para ahli merekomendasikan minum 14-16 gelas air setiap hari, dibandingkan dengan 14 gelas air biasa per hari (untuk wanita).

Exit mobile version