Ini 5 Penyebab Bercak Putih pada Kulit

Penyebab Bercak Putih pada Kulit – Pernah menemukan bercak putih pada kulit? Sebagian orang mungkin segera menganggapnya sebagai panu. Meski belum tentu, sebab cukup banyak penyakit dengan gejala bercak putih pada kulit. Keadaan munculnya bercak putih pada kulit kerap terjadi saat protein kulit atau sel-sel mati terperangkap di bawah permukaan kulit. Mereka bisa terjadi sebagai pengaruh dari depigmentasi, atau kehilangan warna.

Pada banyak kasus, absensi bercak putih bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Tapi, penting untuk memeriksakan ke rumah sakit jikalau timbul bercak-bercak putih untuk memahami penyebabnya dan sistem terbaik untuk mengobatinya.

Macam Penyakit dengan Gejala Bercak Putih

Lazimnya bercak putih pada kulit membikin pengidapnya jadi tak percaya diri. Sebab warna kulit menjadi tak merata, apalagi jikalau kau mempunyai kulit yang gelap. Langsung periksakan ke rumah sakit jikalau kau mengalami gejala bercak putih yang tidak normal.

Pityriasis Versicolor/ Tinea Versicolor (Panu)

Panu merupakan penyakit pertama yang akan terlintas jikalau timbul bercak putih pada kulit. Penyakit ini merupakan infeksi jamur dari genus Malassezia yang lazim terjadi pada kulit. Umumnya, panu dapat timbul pada kulit zona dada dan juga punggung. Keadaan ini dapat membikin kulit mengalami bercak kecoklatan dan bersisik. Panu lebih kerap menyerang si kecil muda, kalangan pria, mereka yang cenderung berkeringat banyak, dan mereka yang tinggal di iklim panas dan lembap.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Dengan Cepat

Vitiligo

Penyakit ini ditandai dengan munculnya bercak putih pada kulit yang disebabkan oleh kurangnya melanin (pigmen di kulit). Vitiligo dapat menyerang zona kulit mana malahan, tapi dia paling kerap timbul pada wajah, leher, tangan, dan komponen lipatan kulit. Vitiligo dapat terjadi saat sel penghasil pigmen (melanosit) mati atau stop memproduksi melanin. Sebagian hal yang menyebabkan dan meningkatkan risiko terjadinya vitiligo, yakni adanya gangguan cara kekebalan tubuh yang menyerang dan menghancurkan melanosit di kulit, adanya riwayat keluarga yang mengidap vitiligo, dan sebagian hal lain seperti terpapar cahaya sang surya, stres, serta paparan bahan kimia industri.

Pityriasis Alba

Ini yakni kelainan kulit yang terjadi sebab hipopigmentasi. Namun sayangnya bercak putih pada kulit yang disebabkan oleh pityriasis alba ini belum dikenal penyebab utamanya. Tapi, situasi ini lazimnya dihubungkan dengan eksim dan juga alergi. Kecuali itu, bercak putih hal yang demikian juga dihubungkan dengan paparan cahaya sang surya dan kulit kering. Oleh sebab itu, pengidapnya direkomendasikan untuk senantiasa menjaga kelembaban kulit dan menghindari paparan cahaya sang surya.

Morfea

Ini yakni situasi kulit yang tergolong langka, situasi ini lazimnya menyebabkan bintik-bintik atau bercak putih pada kulit tanpa rasa sakit. Perubahan kulit lazimnya timbul di zona perut, dada, atau punggung. Morfea cuma memengaruhi lapisan terluar kulit kau, tetapi sebagian kondisinya juga mengatur gerakan di persendian. Para spesialis sampai sekarang belum mengenal penyebab pastinya. Tapi, diduga morfea berhubungan dengan peningkatan kolagen dan matriks ekstraseluler (bagian di luar sel yang terdapat pada seluruh jaringan dan organ) pada lapisan dermis kulit.

Lepra

enyakit yang disebut salah satu penyakit tertua ini disebabkan oleh kuman Mycobacterium leprae. Kusta bisa dialami oleh siapa malahan, tetapi 80 persen penyakit ini ditemukan di tempat tropis yang panas dan lembap. Penyakit ini perlu langsung memperoleh pengobatan sebab dia menyebabkan ketidaknormalan pengaruh komplikasi kerusakan syaraf.