Ini Cara Merawat Kulit Kaki Agar Tidak Kering Dan Pecah – Pecah

Cara Merawat Kulit Kaki – Kaki kering merupakan masalah yang sering dialami banyak orang. Kulit kering pada kaki biasanya terdapat pada area tumit dan telapak kaki. Kondisi tersebut bila terus dibiarkan akan menyebabkan tumit dan telapak kaki pecah-pecah.Kurangnya kelembapan di daerah tumit disebabkan karena beberapa faktor seperti terlalu lama memakai sepatu, salah menggunakan produk sabun, dan bisa juga karena terlalu lama terkena air. Berikut ini adalah informasi selengkapnya dari dokterwahyuskincare .

Konsumsi Makan Bernutrisi

Perawatan paling dasar dalam merawat seluruh bagian kaki adalah mengonsumsi makanan bernutrisi yang tinggi vitamin B12, C, E, seng, dan biotin.Semua kebaikan nutrisi itu dapat Anda temui pada ikan, daging, telur, produk susu, kacang-kacangan, sayur-sayuran terutama tomat serta wortel.

Makanan bernutrisi ini merupakan asupan terbaik yang berperan penting dalam melindungi sekaligus memberi vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit serta otot kaki.Manfaat lain dari mengonsumsi makanan bernutrisi adalah menjaga kadar kelembapan kulit di sekitar kaki supaya terbebas dari kulit kasar, pecah-pecah, atau berkerak.

Hapus Cat Kuku

Salah satunya cara merawat kuku kaki, yakni rajin memotong kukunya dan kurangi menggunakan cat kuku. Memakai cat kuku kaki memang cantik, tapi terlalu sering menggunakannya juga dapat merusak kuku Anda.Hal tersebut karena cat kuku mengandung bahan kimia yang bisa mengubah warna kuku dan mengikis ketebalannya. Akibatnya, kuku jadi tipis, rapuh, dan mudah patah.

Anda boleh-boleh saja pakai cat kuku, tapi jangan terlalu sering. Biarkan kuku kaki Anda bebas dari cat kuku lebih sering. Untuk menghapus cat kuku, gunakan cairan non-aseton yang lebih aman untuk kuku dan kulit di sekitarnya.

Menggunakan Sepatu Yang Nyaman

Menggunakan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kaki dapat menjaga peredaran darah di kaki tetap lancar. Disarankan untuk membeli sepatu pada sore hari, karena ukuran kaki pada saat itu cenderung lebih besar sehingga ukuran sepatu yang dipilih tidak kekecilan dan akan nyaman digunakan sepanjang hari.

Minyak Kelapa

Jika Kalian tidak menyukai lotion, Kalian bisa menggantinya atau menambahkannya dengan minyak kelapa.Minyak kelapa biasanya digunakan untuk mengobati kondisi kulit kering, eksim, dan psoriasis.Bahan ini bisa membantu kulit untuk mendapatkan kembali kelembapannya.

Dilansir dari jurnal yang berjudul International Journal of Molecular Science, minyak kelapa juga bagus untuk menghaluskan kulit.Cobalah untuk menggunakan minyak kelapa setelah merendam kaki.Zat antiperadangan dan antimikroba bisa membantu agar kaki yang pecah-pecah tidak berdarah dan terserang infeksi.

Lakukan Scrub

Lapisan teratas kulit akan terus mengelupas untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun terkadang, proses ini melambat akibat satu dan lain hal. Kamu pun butuh bantuan scrub agar pengelupasan berjalan lancar.Tak hanya itu, mengelupasnya sel-sel kulit mati dapat membuat kulit lebih mudah menyerap nutrisi dari moisturizer atau serum yang digunakan.

Selain itu, lapisan kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam bisa terangkat dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Untuk hasil maksimal, gunakan body scrub atau lulur sebanyak 2-3 kali setiap minggunya.