4 Cara Merawat Kulit Wajah Yang Berminyak

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak – Kulit wajah berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit memproduksi terlalu banyak sebum. Sebum adalah zat lilin dan berminyak yang melindungi dan menghidrasi kulit. Apabila kamu punya kulit wajah berminyak, maka kamu perlu tahu cara merawat kulit berminyak yang tepat.

Masalah kulit wajah berminyak merupakan masalah yang paling umum terjadi. Cara merawat kulit berminyak ini harus dilakukan secara teratur sebagai rutinitas. Dengan rutinitas dan produk perawatan kulit yang tepat, masalah ini bisa jadi tidak terlalu menjadi masalah. Berikut adalah informasi selengkapnya dari dokterwahyuskincare .

Oleskan Madu

Madu adalah salah satu bahan pengobatan kulit alami yang telah sering digunakan sedari dulu.Madu ini mengandung antibakteri serta antiseptik, madu dipercaya dapat bermanfaat bagi kulit berminyak dan rentan berjerawat. Madu juga merupakan humektan (agen pelembab) alami, sehingga bisa membantu menjaga kelembapan kulit tanpa berminyak. Ini karena humektan menarik kelembapan dari kulit tanpa menggantikannya.

Melakukan eksfoliasi wajah secara rutin

Pemilik kulit berminyak disarankan untuk rutin melakukan eksfoliasi wajah menggunakan scrub setidaknya 2–3 kali seminggu. Scrub bisa mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran di wajah hingga ke pori-pori.

Untuk mendapatkan manfaat scrub, Anda perlu melakukannya secara hati-hati. Hindari menggosok terlalu keras, karena justru dapat menyebabkan iritasi.

Menggunakan Tabir Surya Saat Di Luar Ruangan

Setelah menggunakan pelembap, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya ke kulit wajah, terutama jika ingin menghabiskan banyak waktu di luar ruangan. juga direkomendasikan menggunakan Tabir Surya yang mengandung minimal spf 30 sehingga kulit wajah dapat terlindungi secara maksimal dari paparan sinar matahari.

Rutin Membersihkan Kulit Wajah

Membersihkan kulit wajah secara rutin juga merupakan salah satu cara mengatasi wajah berminyak dan berjerawat. Kegiatan ini bisa kamu lakukan sesuai rutinitas kamu, yaitu saat kamu mandi di pagi hari dan ketika mandi di malam hari. Agar lebih optimal, sebaiknya kamu membersihkan wajahmu dengan metode double cleansing.

Bersihkan bekas makeup dan kotoran di wajahmu dengan facial cleanser. Setelah itu, cuci wajahmu dengan facial foam. Pastikan juga facial cleanser dan facial foam pilihanmu memiliki kandungan active ingredients yang tepat, aman, lembut untuk kulit, dan yang paling penting ampuh dalam mengatasi kulit berminyak dan berjerawat.