Inilah Cara Ampuh Mengatasi Ruam Kulit Pada Bayi

Cara Mengatasi Ruam Kulit – Kulit bayi yang baru lahir cenderung rentan terhadap segala jenis ruam. Ada banyak jenis ruam yang menyerang berbagai bagian dari tubuh bayi. Ruam ini biasanya bisa diobati. Meskipun bayi dapat merasa tidak nyaman karena ruam, namun secara keseluruhan kondisi ini tidak terlalu berbahaya.Meski begitu, terkadang ruam pada bayi dapat mengindikasikan penyakit yang lebih serius. Tetapi untungnya, sebagian besar ruam tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Krim Ruam Kulit Bayi

Selain berbagai cara tadi, ruam kulit juga bisa diatasi dengan menggunakan krim khusus ruam kulit bayi. Ada banyak pilihan krim ruam kulit yang dijual di apotek. Namun, penting untuk memilih krim yang tepat mengingat kulit bayi sangat sensitif.Krim ruam kulit bayi yang low hazard bisa jadi pilihan terbaik. Low hazard adalah istilah untuk produk perawatan kulit yang menggunakan bahan alami dan aman untuk kulit.

Hal ini diungkapkan dalam Environmental Working Group mengenai keamanan produk perawatan kulit, termasuk produk untuk bayi. Produk bayi yang berlabel low hazard berarti sudah teruji efektif dan rendah risiko karena tidak meninggalkan efek samping pada kulit bayi. Menurut studi pada 2020 di IOP Conference Series Earth and Environmental Science mengungkapkan bahwa penggunaan bahan kimia secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping pada kulit.

Selain itu, sudah disertai uji hypoallergenic pada produk krim untuk anak sangat penting karena menjaga keamanan dari kulit bayi yang masih sensitif. Pengujian hypoallergenic berfungsikan untuk mengetahui produk tersebut akan menimbulkan dampak alergi pada kulit atau tidak.Tak hanya itu, pilihlah juga krim yang mempunyai spesifikasi atau kandungan khusus untuk mengatasi ruam. Karena apabila krim yang digunakan hanya mengandung dexphantenol saja, lebih untuk menjaga kelembapan kulit bayi.

Timun

Timun juga bisa digunakan untuk mengatasi ruam pada bayi. Timun memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi ruam kulit di wajah.Timun dapat dicampur dengan oatmeal untuk membentuk pasta kental. Ini dapat diterapkan pada area wajah yang terkena ruam untuk membantu meringankan gejala.Itu dia guys beberapa bahan alami yang bisa digunakan. Pastikan ruam pada wajah bayi guys bisa mereda ya.

Lidah buaya

Gel lidah buaya adalah obat terkenal untuk kulit terbakar, tetapi bisa juga bekerja untuk biang keringat yang mungkin dialami Si Kecil. Baik dalam bentuk pasta dari apotek atau langsung dari tanamannya. Lidah buaya akan mendinginkan ruam karena mengandung sifat anti-inflamasi dan tidak menyumbat pori-pori pada kulit bayi yang sudah teriritasi.

Baca Juga : Ini Cara Merawat Kulit Kaki Agar Tidak Kering Dan Pecah – Pecah

Melansir dari laman Hopscotch, lidah buaya adalah obat paling ajaib dari alam untuk ruam dalam bentuk apa pun. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mengekstraksi gel dari daun lidah buaya dan mengoleskannya langsung ke area yang terkena atau terinfeksi.

Kompres Es Atau Kain Lembap Dingin

Ini adalah salah satu pengobatan rumah paling dasar untuk ruam panas. “Anda dapat secara alami menenangkan biang keringat dengan mengoleskan kain flanel dingin ke ruam selama tidak lebih dari 20 menit dan menepuk ruam, bukan menggaruknya,” kata Anshu Kaura, apoteker LloydsPharmacy .

Menggaruk atau menggosok ruam panas hanya akan membuat ruam semakin mengiritasi dan jika kulit pecah, ruam dapat terinfeksi dan memerlukan perawatan medis lebih lanjut. Untuk alasan yang sama, apoteker Anshu mengatakan untuk menghindari penggunaan produk wewangian pada biang keringat karena dapat memperburuk kondisi Si Kecil.