Cara Mengatasi Ketiak Hitam, dari yang Alami hingga Medis – Ketiak hitam sering kali membuat seseorang kurang percaya diri, terutama jika sedang mengenakan pakaian tanpa lengan. Itulah mengapa banyak yang ingin mengetahui cara mengatasi ketiak hitam. Lantas, bagaimana caranya? Cara mengatasi ketiak hitam dapat dilakukan dengan bahan alami seperti lemon hingga tindakan medis berupa terapi laser. Mari simak ulasan berikut ini untuk mengetahui cara mengatasi ketiak gelap selengkapnya.

Penyebab Ketiak Hitam

1. Infeksi Bakteri

Perubahan warna ketiak menjadi hitam bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum rajasgptoto. Perkembangan bakteri ini biasanya dipicu oleh keringat, lingkungan yang lembap, kurangnya kebersihan tubuh, hingga masalah kesehatan tertentu, seperti obesitas dan diabetes. Dalam beberapa kasus, infeksi bakteri ini dapat menimbulkan rasa gatal.

2. Iritasi Kulit Ketiak

Penyebab paling umum dari ketiak hitam adalah iritasi akibat kebiasaan mencukur atau mencabut bulu ketiak yang kurang tepat. Tindakan tersebut menyebabkan kulit mengalami iritasi dan mendorong produksi melanosit (pigmen penghasil warna kulit) secara berlebihan.

3. Kehamilan

Pada beberapa kasus, kehamilan dapat memengaruhi perubahan warna kulit, termasuk ketiak menjadi lebih hitam. Hal ini dikarenakan perubahan hormon kehamilan yang dapat merangsang produksi melanin secara berlebihan. Umumnya, warna kulit akan kembali normal dengan sendirinya setelah masa kehamilan berakhir.

Cara Mengatasi Ketiak Hitam Secara Alami

1. Lemon

Lemon merupakan pemutih alami yang dapat mencerahkan kulit, termasuk ketiak. Lemon juga memiliki kandungan antiseptik yang dapat membantu menghilangkan bau pada ketiak.

2. Kunyit

Kunyit diketahui memiliki kandungan data hk antioksidan yang dapat membuat kulit tampak sehat dan cerah. Anda dapat menerapkan cara ini dengan mencampurkan kunyit bubuk dengan dua sendok lotion, kemudian oleskan ke ketiak secara merata dan diamkan selama 30-60 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Antioksidan pada kunyit juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi kunyit dalam bentuk minuman atau makanan.

3. Kentang

Kentang juga merupakan salah satu pemutih alami yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi ketiak hitam. Berbeda dari lemon, kentang tidak menyebabkan iritasi dan kulit kering sehingga aman digunakan secara langsung. Kentang diketahui mengandung katekolase, yaitu enzim yang dapat mencerahkan kulit secara perlahan.