Produk perawatan kulit atau skin care sedang marak digunakan oleh banyak orang saat ini, khususnya di tanah air. Menurut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, industri kosmetik yang mencakup produk perawatan kulit tercatat mengalami pertumbuhan sebanyak tujuh persen sepanjang tahun 2019. Pertumbuhan tersebut selaras dengan penggunaan produk perawatan kulit yang mulai menjadi sebuah tren. Tidak hanya perempuan, laki-laki pun banyak yang mengikuti tren ini.

Banyak produk perawatan kulit bermunculan di Indonesia dari berbagai merek, dengan macam-macam komposisi bahan, mulai dari bahan kimia hingga bahan alami. Namun, lebih sering mana kita menjumpai skin care berbahan kimia buatan luar negeri dibandingkan skin care dari rempah-rempah buatan lokal Nusantara?

Rekomendasi Buah untuk Mencerahkan Kulit

1. Alpukat

Alpukat direkomendasikan sebagai buah yang bagus untuk kulit karena diperkaya dengan vitamin E sehingga dapat menjaga kulit agar tetap cerah, sehat, dan tampak awet muda. Bahkan, alpukat juga kaya akan lemak sehat yang dapat mempertahankan elastisitas serta mempercepat proses penyembuhan luka atau iritasi pada kulit.

Untuk mengonsumsi buah alpukat, Anda dapat menjadikannya sebagai bahan campuran untuk salad buah atau sebagai jus buah segar yang bisa dinikmati di siang hari.

2. Pisang

Rekomendasi buah yang bagus untuk mencerahkan kulit adalah pisang. Pisang diketahui mengandung kalium, vitamin C, dan vitamin B6 yang tinggi sehingga live draw sgp mampu membantu meningkatkan struktur dan elastisitas kulit secara alami. Selain itu, kandungan kalium di dalam buah pisang ini juga dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik.

3. Mangga

Mangga mengandung berbagai macam senyawa antioksidan, seperti flavonoid, xanthophylls, dan beta karoten, yang dapat melindungi kulit dari peradangan dan kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, buah berwarna kuning ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat melancarkan saluran pencernaan serta mencegah terjadinya sembelit.

4. Pepaya

Dikenal sebagai salah satu makanan yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan, pepaya ternyata juga termasuk buah untuk mencerahkan kulit karena mengandung enzim papain dan chymopapain sehingga mampu membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

5. Buah Delima

Delima menjadi rekomendasi buah untuk mencerahkan kulit berikutnya karena memiliki kandungan polifenol yang dapat melawan radikal bebas serta menjaga sirkulasi darah guna mengoptimalkan proses detoksifikasi. Mengonsumsi buah delima secara rutin juga dipercaya mampu mendorong proses regenerasi sel yang secara tidak langsung dapat menghambat timbulnya kerutan dan garis halus pada wajah.