11 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

11 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami – Jerawat ialah penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea yang diikuti karena ada komedo, papul, kista, dan pustula. Selainnya wajah, jerawat bisa tumbuh atau muncul pada bagian badan lain, seperti pundak, lengan atas, dada, sampai punggung.

Saat ada di wajah, jerawat seringkali tak cuma bisa memunculkan merasa sakit atau mungkin tidak nyaman, tetapi dapat ciutkan rasa optimis. Tak bingung bila penelusuran tentang cara menghilangkan jerawat atau bagaimana menanganinya jadi banyak disukai.

Apa lagi bila lakukan pengatasan yang keliru, jerawat bahkan juga bisa membuat wajah jadi kusam serta diwarnai flek hitam, terhitung bopeng-bopeng. Penyembuhan jerawat secara konservatif bisa dilaksanakan, tetapi kadang mahal dan sering memiliki efek yang tidak diharapkan, seperti kulit kering, kemerahan, dan iritasi.

Hal itu juga sudah menggerakkan beberapa orang untuk cari cara menyembuhkan jerawat secara alami. Merilis beragam sumber, berikut ialah ragam cara menghilangkan jerawat dengan alami yang bisa dicoba.

1. Oleskan cuka apel

Cuka apel dibikin dengan cara melumatkan apel dan memerah cairannya. Sesudah cairan apel didapatkan, nanti akan ditempatkan bakteri dan ragi untuk mengawali reaksi peragian alkohol. Seperti tipe cuka yang lain, cuka apel sudah dikenali karena kekuatannya menantang banyak tipe virus serta bakteri. Cuka apel disampaikan memiliki kandungan beberapa asam organik yang sudah bisa dibuktikan bisa mematikan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat.

Ditambah lagi, cuka sari apel bisa menolong tekan produksi minyak berlebihan yang bisa mengakibatkan jerawat. Berikut cara memakai cuka apel untuk menghilangkan jerawat:
Campur 1 sdm cuka apel dengan 3 sendok air (pakai semakin banyak air untuk kulit peka)
Sesudah wajah dibikin bersih, oleskan kombinasi cuka apel dan air itu ke kulit secara halus memakai bola kapas Biarkan sepanjang 5-20 detik, basuh sama air dan keringkan
Ulang proses ini 1-2 kali setiap hari, sama sesuai keperluan

Penting untuk dicatat jika memoleskan cuka apel ke kulit bisa mengakibatkan cedera bakar dan iritasi, hingga selalu harus dipakai dengan jumlah kecil dan dicairkan sama air.

2. Mengonsumsi makanan sumber seng

Zinc atau seng ialah gizi penting yang dibutuhkan badan untuk perkembangan sel, produksi hormon, metabolisme ,dan peranan ketahanan tubuh. Pemakaian gizi ini termasuk juga salah satunya perawatan alami untuk jerawat yang terbanyak didalami. Riset memperlihatkan jika beberapa orang dengan jerawat condong memiliki kandungan seng yang lebih rendah pada darah mereka dibanding mereka yang memiliki kulit bersih.

Beberapa riset memperlihatkan jika konsumsi seng secara oral menolong kurangi jerawat. Selainnya makanan yang memiliki kandungan seng tinggi, konsumsi seng berbentuk suplemen bisa dilaksanakan. Dalam sebuah study, 48 pasien dengan jerawat diberi suplemen seng oral 3x satu hari. Sesudah 8 minggu, 38 pasien dijumpai alami pengurangan jerawat 80-100 %.

Baca Juga : Ketahui Tips Merawat Wajah Berjerawat Yang Tepat

3. Oleskan masker madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis ialah sumber anti-oksidan yang baik sekali. Study sudah mendapati jika mengaplikasikan anti-oksidan di kulit lebih efisien dalam kurangi jerawat dibanding benzoil peroksida dan retinoid.

Anti-oksidan yang ditelaah ialah vitamin B3, asam lemak linoleat (omega-6) dan natrium ascorbyl fosfat (SAP), yang disebut turunan vitamin C. Anti-oksidan detil ini tidak diketemukan dalam madu dan kayu manis, tapi ada peluang jika anti-oksidan yang lain terdapat dalam dua bahan alamiah itu memiliki dampak yang serupa.

Madu dan kayu manis memiliki karakter antibakteri dan bisa kurangi peradangan, yang disebut dua factor yang memacu jerawat. Walau madu dan kayu manis bisa dibuktikan memiliki karakter anti-inflamasi, anti-oksidan, dan antibakteri yang berguna untuk kulit berjerawat, tetapi memanglah belum ada riset berkenaan kekuatan dua bahan itu dalam menyembuhkan jerawat. Berikut cara membuat masker madu dan kayu manis untuk menghilangkan jerawat:

  • Campur 2 sdm madu dan 1 sdt kayu manis bersama untuk membuat bahan masker
  • Sesudah wajah dibikin bersih, oleskan masker ke wajah dan diamkan sepanjang 10-15 menit
  • Basuh masker sampai bersih dan tepok-tepuk wajah Anda sampai kering

4. Oleskan tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh ialah minyak fundamental yang didapat hasil dari esktraksi daun teh (Melaleuca). Tea tree oil telah dikenali karena kekuatannya untuk menantang bakteri dan kurangi peradangan kulit. Ditambah lagi, beberapa riset memperlihatkan jika memoleskan tea tree oil 5 % ke kulit secara efisien bisa kurangi jerawat.

Jika dibanding dengan 5 % benzoil peroksida, minyak pohon teh 5 % memanglah tidak bekerja cepat, tapi bisa lewat cara berarti meninghilangkan jerawat sesudah 3 bulan pemakaian.

Tea tree oil memiliki efek yang semakin sedikit dibanding dengan benzoil peroksida, yang bisa memunculkan kekeringan, iritasi dan terbakar. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan tea tree oil:

  • Campur 1 sendok minyak pohon teh dengan 9 sendok air
  • Celup kapas ke kombinasi itu dan oleskan ke wilayah yang alami jerawat
  • Oleskan pelembab bila diharapkan Ulang proses ini 1-2 kali setiap hari, sama sesuai keperluan

5. Oleskan teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi sekali, dan meminum bisa tingkatkan kesehatan. Memang tidak ada riset yang ungkap manfaat dari minum teh hijau saat muncul jerawat, tapi mengaplikasikannya langsung ke kulit sudah bisa dibuktikan bia menolong.

Ini kemungkinan terjadi karena flavonoid dan tanin dalam teh hijau diketahui menolong menantang bakteri dan kurangi peradangan, yang disebut dua penyebab khusus jerawat. Anti-oksidan khusus dalam teh hijau, yaitu epigallocatechin-3-gallate (EGCG) sudah bisa dibuktikan bisa kurangi produksi sebum, menantang peradangan dan menghalangi perkembangan bakteri P. acnes pada pribadi dengan kulit yang condong berjerawat.

Beberapa riset sudah memperlihatkan jika mengaplikasikan konsentrat teh hijau 2-3 % di kulit secara berarti bisa kurangi produksi sebum dan jerawat dari mereka yang berjerawat. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan teh hijau:

  • Seduh teh hijau di air mendidih sepanjang 3-4 menit
  • Diamkan teh jadi dingin
  • Memakai bola kapas, oleskan teh ke kulit atau tuang ke botol semprot untuk disemprot
  • Diamkan jadi kering, lalu basuh sama air dan keringkan
  • Anda pun bisa menambah tersisa daun teh ke madu dan membuat masker

Walau tidak terdapat bukti jika minum teh hijau bisa menantang jerawat, beberapa riset memperlihatkan itu mungkin berguna.

6. Oleskan witch hazel

Witch hazel ialah tanaman yang memiliki nama latin Hamamelis virginiana. Witch hazel memiliki kandungan tanin, yang memiliki karakter antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat. Itu penyebabnya witch hazel bisa dipakai untuk menyembuhkan beragam permasalahan kulit, terhitung ketombe, eksim, varises, cedera bakar, bengkak, gigitan serangga, dan jerawat.

Sayang, tidak ada riset tentang kekuatan witch hazel untuk menyembuhkan jerawat secara eksklusif. Tetapi, ada banyak riset yang ungkap pemakaian witch hazel di kulit bisa menantang bakteri, kurangi peradangan, sampai menolong pengobatan. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan witch hazel:

  • Campur 1 sdm kulit witch hazel dengan satu gelas air dalam tempat kecil
  • Rendam witch hazel sepanjang 30 menit dan didihkan sepanjang 10 menit
  • Kemudian, biarkan air rebusan witch hazel sepanjang 10 menit.
  • Saring dan taruh cairan dalam tempat tertutup
  • Oleskan untuk bersihkan kulit memakai bola kapas 1-2 kali setiap hari atau sama sesuai keperluan

Witch hazel telah sering dipakai dalam produk kecantikan. Tetapi, witch hazel dalam versus yang telah dipersiapkan secara komersil kemungkinan tidak memiliki kandungan tanin, karena sering lenyap pada proses distilasi.

7. Oleskan lidah buaya

Lidah buaya ialah tanaman tropis yang daunnya hasilkan gel bening. Gel lidah buaya sejauh ini sering dipertambah ke lotion, cream, salep dan sabun. Cream ini umumnya dipakai untuk menyembuhkan lecet, ruam, cedera bakar dan keadaan kulit yang lain. Saat diaplikasikan di kulit, gel lidah buaya bisa menolong mengobati cedera, menyembuhkan cedera bakar dan menantang peradangan.

Lidah buaya memiliki kandungan asam salisilat dan sulfur, yang ke-2 nya dipakai secara luas dalam penyembuhan jerawat. Beberapa riset sudah memperlihatkan jika memoleskan asam salisilat ke kulit bisa lewat cara berarti kurangi jerawat. Begitupun deng implementasi sulfur, sudah bisa dibuktikan menjadi penyembuhan jerawat yang efisien. Berikut cara memakai lidah buaya untuk menghilangkan jerawat:

  • Kerok gel lidah buaya dengan sendok
  • Oleskan gel langsung untuk bersihkan kulit sebagai pelembab
  • Ulang 1-2 kali setiap hari, atau seperti keinginan

Anda pun bisa beli gel lidah buaya dari toko, tapi yakinkan itu ialah lidah buaya murni tanpa bahan tambahan.

8. Mengonsumsi makanan sumber lemak omega-3

Asam lemak omega-3 ialah lemak yang paling sehat yang tawarkan banyak manfaat kesehatan. Minyak ikan memiliki kandungan dua tipe khusus asam lemak omega-3, yaitu asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

EPA berguna untuk kulit dalam beberapa cara, terhitung mengurus produksi minyak, menjaga hidrasi yang ideal dan menahan jerawat. Tingginya kandungan EPA dan DHA sudah bisa dibuktikan kurangi factor peradangan, yang bisa kurangi resiko jerawat.

Beberapa makanan tinggi asam omega-3 yang bagus dimakan, salah satunya yaitu salmon, sarden, teri, kenari, biji chia, dan biji rami giling. Selainnya dari makanan, asam omega-3 bisa didapat dari konsumsi suplemen. Dalam sebuah study, 45 orang dengan jerawat dikasih suplemen asam lemak omega-3 yang memiliki kandungan EPA dan DHA tiap hari.

Sesudah 10 minggu, jerawat pada beberapa puluh orang itu kelihatan menyusut secara berarti. Mayoritas organisasi kesehatan mereferensikan orang dewasa yang sehat perlu konsumsi minimum 250-500 mg asam lemak omega-3 setiap hari.

9. Terapkan diet rendah glikemik

Jalinan di antara diet dan jerawat sudah dipermasalahkan sepanjang tahun. Bukti terbaru memperlihatkan jika factor makanan, seperti insulin dan index glikemik, bisa dihubungkan dengan jerawat. Index glikemik makanan (GI) ialah ukuran berapa cepat makanan itu bisa tingkatkan gula darah.

Konsumsi makanan tinggi GI mengakibatkan kenaikan insulin, yang diprediksi tingkatkan produksi sebum. Karenanya, makanan dengan GI tinggi dipercaya memiliki dampak langsung pada perubahan dan tingkat keparahan jerawat. Makanan yang terhitung memiliki index glikemik tinggi, yaitu roti putih, minuman ringan bergula, kue, donat, kue kering, permen, sereal makan pagi manis, dan makanan buatan yang lain.

Sementara, makanan dengan index glikemik rendah, yakni buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, dan beberapa bijian. Dalam sebuah study, 43 orang dipisah jadi dua barisan untuk mencoba implementasi diet glikemik tinggi dan rendah.

Sesudah 12 minggu, beberapa orang yang konsumsi diet rendah glikemik alami pengurangan yang berarti pada sensitivitas jerawat dan insulin, dibanding sama mereka yang konsumsi makanan padat karbohidra.

Study lain dengan 31 peserta hasilkan hasil yang sama. Studi-studi kecil ini memperlihatkan jika diet rendah glikemik kemungkinan berguna untuk pribadi dengan kulit berjerawat, tapi riset selanjutnya masih dibutuhkan.

10. Kurangi atau hindari stres

Hormon yang dilepaskan sepanjang masa stres bisa tingkatkan produksi sebum dan peradangan kulit, membuat jerawat tambah jelek. Kenyataannya, banyak riset sudah menyangkutkan stres dengan kenaikan keparahan jerawat.

Ditambah lagi, stres bisa perlambat pengobatan cedera sampai 40 % yang bisa perlambat pembaruan lesi jerawat. Perawatan rileksasi dan pengurangan stres tertentu sudah bisa dibuktikan membenahi jerawat, tapi semakin banyak riset perlu dilaksanakan. Berikut sejumlah cara kurangi stres yang bisa dicoba:

  • Tidur semakin banyak
  • Turut serta dalam kegiatan fisik
  • Latihan yoga
  • Sering mengambil napas dalam-dalam
  • Konsultasi dengan pakar

11. Olahraga dengan teratur

Olahraga bisa tingkatkan perputaran darah yang sehat. Kenaikan saluran darah ini bisa menolong sehatkan beberapa sel kulit, yang bisa menolong menahan dan mengobati jerawat.

Olahraga berperanan dalam penataan hormon. Beberapa riset sudah memperlihatkan jika olahraga bisa kurangi stres dan kekhawatiran, ke-2 nya sebagai factor yang bisa berperan pada peningkatan jerawat.