Informasi Seputar Skincare

Tips Merawat Kulit Yang Terkena Eksim

Tips Merawat Kulit Eksim – Hingga saat ini, eksim atopik diduga terjadi akibat kombinasi dari berbagai faktor. Mulai dari pengaruh genetik atau keturunan, gangguan pada sistem kekebalan tubuh, faktor lingkungan, aktivitas yang membuat kulit jadi sensitif, serta kerusakan pada lapisan pelindung kulit yang memicu kandungan air di kulit lebih cepat menguap dan kuman lebih mudah masuk. Mungkin banyak beredar anggapan bahwa eksim menular atau hanya dialami oleh orang yang tinggal di area yang kurang bersih. Anggapan-anggapan ini tidaklah tepat. Berikut ini adalah informasi selengkapnya tentang tips merawat kulit yang terkena eksim .

Ganti Deterjen Yang Anda Pakai

Deterjen dapat menjadi salah satu faktor penting yang menyebabkan kondisi eksim Anda semakin parah. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan deterjen atau pelembut pakaian jenis yang cair, guna menghindari iritasi pada kulit.

Gunakan Kompres Dingin

Cara ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman ketika Anda mengalami eksim. Caranya pilih salah satu kain bersih, rendam dengan air dingin, dan tempelkan di bagian tangan atau kulit yang terkena eksim.

Rutin Menggunakan Lotion

Losion dapat menjaga kulit Anda untuk tetap lembab. Ketika Anda mengalami eksim, pastikan untuk rutin mengoleskan losion dua kali sehari, dapat dilakukan saat pagi atau sore hari setelah Anda membersihkan diri. Sebagai catatan, hindari losion yang memiliki wangi terlalu semerbak, atau losion yang mengandung bahan penyebab iritasi lainnya.

Kenali Dan Hindari Faktor Pencetus Kekambuhan Eksim Atopik

Setiap penderita eksim atopik memiliki faktor pencetus kekambuhan gejala yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui faktor pencetus tersebut, agar dapat dihindari. Jika kesulitan menentukan apa faktor pencetusnya, konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Gatal Karena Bintik Berair

Hindari Mandi Terlalu Lama

Kebiasaan mandi berlama-lama bisa membuat kulit kering dan mudah rusak. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor pemicu kekambuhan atau semakin parahnya eksim kering. Jadi, usahakan untuk mandi selama 5–10 menit saja.Saat mandi, gunakanlah sabun yang berbahan lembut, tidak mengandung pewarna, pewangi, maupun zat antibakteri, karena dapat membuat kulit iritasi.

Keringkan Diri dengan Hati-Hati

Setelah mandi, tepuk lembut kulit dengan handuk lembut dan oleskan pelembap saat kulit yang masih lembap. Eksim atopik terkait dengan variasi gen yang memengaruhi kemampuan kulit untuk memberikan perlindungan. Ini memungkinkan kulit dipengaruhi oleh faktor lingkungan, iritasi, dan alergen. Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkannya, seperti memiliki keluarga dengan eksim, alergi, demam, ataupun asma.

Hindari Jenis Bahan Pakaian Tertentu

Bahan pakaian tertentu, seperti bahan wol, mohair, dan serat dapat membuat kulit iritasi hingga gatal-gatal. Kamu bisa menggantinya dengan mengenakan pakaian yang berbahan lebih lembut dan nyaman di kulit, seperti linen, katun, ataupun sutra.

Exit mobile version