7 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

7 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami – Mempunyai kulit wajah lembek bisa jadi benar-benar menjengkelkan karena bisa mempengaruhi performa atau rasa optimis. Kulit wajah melembek sebetulnya ialah proses normal yang terjadi bersamaan pertambahan umur.

Saat semakin bertambah tua, lemak di wajah akan tipis, hingga kantong-kantong lemak yang menyebar di beberapa area wajah, seperti pipi, pelipis, dahi, bibir, terhitung di leher melembek seperti balon yang kempis.

Proses penuaan dapat mengakibatkan produksi collagen pada tubuh menyusut, hingga menyebabkan munculnya kulit lembek dan keriput. Tetapi, kulit lembek bisa juga ada karena dikuasai oleh faktor-faktor lain, hingga menjadi permasalahan untuk golongan remaja, misalnya:

  • Pancaran cahaya ultraviolet (UV) matahari
  • Rutinitas merokok
  • Ekspresi wajah terlalu berlebih
  • Perubahan hormon drastis
  • Keturunan
  • Kurangnya melanin
  • Pengurangan berat badan

Cara mengencangkan kulit dengan alami

Bila alami permasalahan kulit lembek atau berkerut, Anda bisa coba beberapa cara mengencangkan kulit wajah dengan alami berikut ini:

1. Kurangi konsumsi gula

Konsumsi gula secara berlebihan, terhitung dengan teratur rupanya bisa mengakibatkan kulit jadi lebih lembek dan timbulnya keriput.

Konsumsi kebanyakan gula bisa percepat proses alami di badan namanya glikasi yang hasilkan advanced glycation end products (AGEs). AGEs ini bisa merusak collagen yang dibuat badan (protein yang membuat kulit kuat) bisa lebih cepat dari yang semestinya dan menghindarinya untuk direproduksi dengan teratur sama sesuai keperluan.

Maka turunkan konsumsi gula Anda, hingga produksi collagen akan diseimbangkan kembali dan kulit akan jadi lebih kuat dan terhidrasi. Jumlah optimal gula yang diperlukan badan Anda tanpa mempengaruhi kesehatan ialah 2 sdm tiap hari.

2. Pakai minyak kelapa

Minyak kelapa ialah pelembab terbaik. Karena stabilitasnya, minyak kelapa saat dibalurkan ke kulit bisa isi pori-pori dan keriput yang kemungkinan mulai ada, dan jaga kulit masih tetap lembut dan terhidrasi.

Disamping itu, asam lemak yang terdapat di dalam minyak kelapa bisa tembus kulit karena berat molekulnya yang rendah, tidak seperti semua pelembab dengan bahan dasar air, dan bisa membuat perlindungan protein alami di kulit dan kembali mengencangkan kulit wajah.

3. Konsumsi makanan kaya anti-oksidan

Kulit ialah organ paling besar pada tubuh manusia dan terbanyak terkena oksidasi, yang memiliki arti kulit Anda bisa hancur cukup dengan jalani kegiatan rutin harian.

Makanan yang kaya anti-oksidan bisa menolong menantang kerusakan karena depresi oksidatif di kulit. Walau Anda kemungkinan bisa mendapatkan pelembab yang diperhitungkan kaya anti-oksidan dan bisa menolong merevitalisasi kulit, dalam soal anti-oksidan, cara kerja terbaik ialah diawali dari dalam.

Dibanding habiskan uang banyak untuk beli pelembap yang mahal, mulai konsumsi makanan kaya anti-oksidan yang akan kembalikan kulit ke lajur yang betul dan kurangi pertanda penuaan. Coba makan banyak blueberry, anggur, strobery, blackberry, kacang merah, bayam, dan kangkung.

4. Bersihkan muka dengan teratur

Jangan sampai tidur dengan make-up atau dandanan yang melekat di wajah. Saat diterapkan di kulit, dandanan perlahan-lahan teresap lewat pori-pori, dan karena sebagian besar produk dandanan memiliki kandungan bahan kimia yang keras, ini selanjutnya menambahkan atau berperan pada depresi oksidatif yang dirasakan beberapa sel kulit tiap hari.

Menjadi penting untuk membersihkan wajah dengan teratur supaya terbebas dari permasalahan kulit lembek atau kerutan. Penting untuk memakai pencuci dengan bahan dasar air dan menambah air dingin sesudahnya buat menolong pori-pori tutup.

Tidak boleh memakai scrub wajah pada malam hari, cukup pakai scrub sekali atau 2x satu minggu untuk menghindar iritasi di kulit dan memaksakan pengangkatan beberapa sel kulit saat tidak dibutuhkan.

5. Mengonsumsi makanan kaya beta karoten dan vitamin A

Menurut riset yang sudah dilakukan di National Institute of Health, gabungan beta karoten, yang ada dalam beberapa makanan, dan vitamin A bisa menahan dan membenahi penuaan di kulit. Tersebut penyebabnya sering kali gizi itu kelihatan sebagai bahan khusus di beberapa pelembab kulit anti penuaan dan tirai surya.

Beta karoten sudah bisa dibuktikan bisa memblok cahaya ultraviolet matahari dari kerusakan dan penuaan kulit dan vitamin A menggairahkan produksi collagen dan serat plastis di kulit. Baik beta karoten dan vitamin A ada pada makanan, seperti wortel, ubi jalar, kangkung, bayam, melon, dan aprikot. Sokongan harian yang direferensikan untuk vitamin A dan beta karoten ialah 30 mg.

6. Pakai masker ketimun

Sesudah umur 20 tahun, elemen kulit seperti collagen yang tingkatkan kekencangan, dan elastin yang memberi fleksibilitas, dibuat 1 % semakin sedikit tiap tahun. Kulit selanjutnya perlahan-lahan mulai tipis dan lembek di area seperti wajah, leher, dan dada . Maka penting untuk menjaga area itu lebih sering dibanding anggota badan yang lain dengan masker biasa.

Ketimun dan juice ketimun ialah bahan alamiah yang bisa hasilkan fenomena dalam soal perawatan kulit itu. Ketimun kaya akan mineral silika yang disebut bagian utama untuk jaringan kulit yang sehat, dan asam askorbat yang bisa menahan penyimpanan air di kulit.

7. Campur soda kue dan minyak kelapa

Baik minyak kelapa dan soda kue mempunyai manfaat anti-penuaan yang luar biasa. Soda kue ialah bahan alamiah yang dipakai untuk terkelupas kulit dan hilangkan sel-sel kulit mati, memperkecil pori-pori besar, dan tingkatkan produksi collagen saat dipijat ke kulit.

Minyak kelapa seperti telah diterangkan di atas, benar-benar baik untuk lembabkan kulit, tembus kulit, dan menyembuhkan lembek dan keriput yang ada seiring berjalannya waktu.

Dengan menyatukan ke-2 nya, Anda akan bisa terkelupas kulit, melembabkannya. Sementara, memijat kulit saat memoleskan bahan ini akan tingkatkan saluran darah di bawah kulit dan menggerakkan produksi collagen.