Tips Merawat Kulit Pria Agar Terlihat Lebih Awet Muda !

Tips Merawat Kulit Pria – Perawatan wajah tak hanya berlaku untuk perempuan saja, namun pria juga perlu melakukannya. Meskipun banyak pria yang sering mengabaikannya, tapi tak sedikit pula yang sangat menjaganya. Bagi yang rutin melakukan perawatan, mereka akan melakukan berbagai cara agar wajah mereka tampak berseri dan bahkan terlihat begitu awet muda.Wajah yang tetap terlihat awet muda tentu tidak bisa dilakukan dengan cara yang instan. Oleh karena itu, berikut ini terdapat beberapa tips ampuh bagi para pria untuk merawat wajahnya agar terlihat awet muda.

Merawat Wajah

Ketika menilai seseorang awet muda atau tidak, hal pertama yang diperhatikan biasanya adalah kulit, terutama pada bagian wajah. Maka dari itu, penting bagi pria untuk merawat wajah dengan menggunakan pembersih serta pelembap kulit wajah setiap harinya.Selain itu, batasi paparan langsung sinar matahari yang terlalu lama dan gunakan tabir surya karena paparan sinar ultraviolet berlebih dari matahari bisa memicu keriput terutama di bawah mata. Anda bisa menyesuaikan produk perawatan dengan jenis kulit wajah Anda.

Mengonsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang

Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan bervariasi, seperti buah, sayuran, daging ayam, daging sapi, telur, maupun ikan, disertai dengan karbohidrat seperti nasi atau kentang dalam porsi yang seimbang, dapat membantu Anda tetap sehat dan bugar.Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan juga dapat membantu memperlambat penuaan. Anda bisa mengonsumsi teh hijau, cokelat atau kakao tanpa bahan tambahan, brokoli, buah delima, alpukat, dan tomat.

Selain itu, minum air sebanyak 6–8 gelas per hari juga dapat menaikkan metabolisme serta membantu kulit tetap lembap dan lebih cerah, sehingga Anda tampak lebih sehat dan awet muda.

Mengurangi Konsumsi Alkohol Dan Kafein

Di tengah menjamurnya warung kopi, coffe shop atau bar tentu membuat konsumsi minuman kopi dan alkohol meningkat. Namun perlu dingat, konsumsi kafein atau alkohol secara berlebih bisa berefek pada kondisi kulit kalian.Minum alkohol secara rutin dan berlebih bisa menyebabkan pembuluh darah pada wajah melebar sehingga menimbulkan efek memerah atau muncul spider vein. Minum alkohol dan kafein secara berlebih juga bersifat deruretik yaitu memicu kulit mengalami dehidrasi, menguras nutrisi penting kulit, dan membuat wajah menjadi kering serta kusam.

Baca Juga : Serangkaian Tips Merawat Kulit Bayi Agar Putih Dan Halus

Rutin Menggunakan Sunscreen

Banyak pria beranggapan bahwa sunscreen hanya digunakan saat berada di luar ruangan saja. Padahal sunscreen punya banyak manfaat selain melindungi kulit dari sinar matahari.Sunscreen jika diaplikasikan ke kulit wajah secara rutin akan mampu mencegah penuaan, kanker kulit, kulit terbakar, komedo, dan meratakan kulit wajah. Pilih suncreen yang cocok dengan karakter kulit muka kalian agar hasilnya maksimal dan nyaman dipakai.

Jangan Merokok

Karbon monoksida yang dihirup selama merokok menggantikan oksigen dalam aliran darah, yang berarti kulit (bersama dengan organ lain) tidak mendapatkan cukup oksigen untuk tetap sehat. Rokok juga bisa mengurangi kadar vitamin C dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan kolagen dan pembentukan kerutan. Selain itu, perokok biasanya memiliki kulit yang kering dan kusam karena merokok menghabiskan kandungan air pada kulit.