Penyebab Kulit Tangan Mengelupas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulit Tangan Mengelupas dan Cara Mengatasinya – Kulit tangan mengelupas bisa disebabkan oleh pelbagai hal, mulai dari pergesekan, cuaca, sampai paparan zat kimia. Seandainya terjadi terus-menerus dan tak langsung dipecahkan, kulit akan rentan terinfeksi bakteri. Kecuali itu, kulit mengelupas juga dapat menjadi pertanda adanya penyakit yang membutuhkan penanganan medis.

Kulit tangan mengelupas (desquamation) sebetulnya wajar terjadi dan yakni pelaksanaan natural tubuh untuk mengganti sel kulit mati dengan lapisan kulit yang baru. Walaupun seperti itu, kulit mengelupas juga dapat terjadi sebab kerusakan kulit dampak akibat lingkungan ataupun penyakit tertentu.

Penyebab Kulit Tangan Mengelupas

Kulit tangan yang mengelupas sekali-sekali juga disertai gejala lain tergantung penyebabnya, seperti kulit kering, gatal, kemerahan, atau pun rasa sakit di kulit.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Selain yang sudah diceritakan sebelumnya, kulit tangan mengelupas bisa terjadi sebab iritasi berulang dampak unsur lingkungan, seperti cahaya sang surya, hawa panas, dan situasi ruangan yang terlalu kering atau lembap.

Terkupasnya kulit tangan juga dapat menjadi pertanda adanya penyakit tertentu. Ada sebagian penyakit yang bisa mengakibatkan kulit tangan mengelupas, di antaranya:

Dermatitis kontak
Alergi kulit
Infeksi bakteri, bagus jamur ataupun kuman
Hiperhidrosis
Demam scarlet
Sindrom Steven-Johnson
Toxic shock syndrome
Penyakit autoimun, contohnya pemfigus, lupus, atau psoriasis
Penyakit genetis, seperti sindrom pengelupasan akral (acral peeling skin syndrome)
Kanker kulit
Penyakit Kawasaki
Metode cuma itu, ada sebagian situasi lain yang juga bisa menyebabkan kulit tangan mengelupas, seperti luka bakar, efek samping kemoterapi, dan konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat jerawat yang mengandung retinoid.

Sistem Jikalau Kulit Tangan Mengelupas
Kulit tangan mengelupas bisa dipecahkan menurut penyebab yang mendasarinya. Pada kasus kulit mengelupas dampak iritasi, ada sebagian metode natural yang bisa Anda lakukan untuk memecahkannya, seperti:

Kompres dingin zona kulit tangan yang mengelupas atau mandi dengan air dingin.
Oleskan pelembap sesudah mandi.
Cukupi keperluan cairan dengan konsumsi air putih setidaknya 8 gelas tiap-tiap harinya.
Oleskan tabir surya ketika berkesibukan di luar ruangan untuk mengurangi risiko bahaya dampak cahaya sang surya.
Hindari paparan bahan kimia yang bisa memperparah iritasi kulit, seperti detergen, cairan pembersih lantai, atau sabun antiseptik.
Hindari menggaruk ketika kulit tangan mengelupas supaya tak memperparah situasi.
Seandainya kulit mengelupas tak kunjung membaik atau kian mengganggu, sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter. Dengan seperti itu, Anda dapat menerima pengobatan yang cocok dengan penyebab kulit tangan mengelupas.

Jikalau, salep antibakteri untuk menangani infeksi kuman, salep kortikosteroid ringan untuk menyelesaikan iritasi, atau obat anthistamin untuk meredakan alergi.

keluhan kulit tangan mengelupas kian memburuk atau disertai gejala lain, seperti ruam kulit, nyeri sendi, mual dan muntah, sembab di wajah, dan sesak nafas, langsung periksakan diri ke dokter untuk memperoleh pemeriksaan dan pengobatan yang ideal.